Menumbuhkan 3 Peranan (Agent Of Change, Social Control, Iron Stock) Mahasiswa

loading...

mahasiswa sebagai agen perubahan, agent of change, social control, iron stock, bagaimana seharusnya menjadi mahasiswa, orasi mahasiswa, aksi mahasiswa, demo mahasiswa, mahasiswa adalah pembawa perubahan


Bagaimana seharusnya menjadi mahasiswa?

Pertanyaan sederhana yang sudah sepatutnya kita tanyakan pada diri masing-masing dan sangat patut untuk di kaji, khususnya untuk mahasiswa. Seorang pemuda/i yang disebut mahasiswa adalah orang yang memiliki daya tinggi yang memiliki persoalan dan kepentingan masing-masing.

Mahasiswa di harapkan mampu menjadi manusia yang memanusiakan. Maksudnya adalah mampus membimbing, mengajar, dan memberikan yang terbaik kepada sesamanya. Kenapa harus mahasiswa yang melakukan ini? Karena mahasiswa mempunyai konsep yang hebat dan pemikiran yang kritis.

Mahasiswa juga mempunya peranan tersendiri yang bisa dikatakan peranan ini sangatlah istimewa, yaitu sebagai Agent Of Change, Social Control, Iron Stock. Dengan peranan ini diharapkan mahasiswa dapat membawa perubahan bagi bangsa ini.

1. Mahasiswa Sebagai Agent Of Change

Terlepas dari sadar atau tidaknya kita sebagai warga dari negeri ini, sudah banyak sekali kebohongan dan ketidakadilan yang telah di lakukan pemimpin kita yang terus silih berganti ini kepada rakyatnya. Disinilah peran mahasiswa sebagai Agent Of Change.

Disini diharapkan mahasiswa mampu membawa perubahan terhadapa bangsa ini. Karena suara mahasiswa mampu meruntuhkan sistem yang sekuat baja sekalipun. Sebagai Agent Of Change, mahasiswa di harapkan bukan hanya sebagai pemberi opini atau sebuah gagasan saja, namun juga sebagai dari pelaku perubahan. Karena sikap mahasiswa yang kritis mampu merobohkan segalanya.


2. Mahasiswa Sebagai Social Control

Negeri ini sudah membusuk, korupsi dimana-mana, biaya pendidikan yang mahal, kesenjangan sosial yang semakin meningkat, dan masih banyak yang lainnya yang menjadi perhatian kita. Dari sinilah peran mahasiswa sebagai Social Control.

Peranan mahasiswa sebagai Social Control terjadi ketika melihat ada sesuatu yang tidak beres dengan masyarakat dan negeri ini. Disini di harapkan mahasiswa mampu berpikir kritis untuk menyelesaikan semuanya yang di anggap tidak beres. Dan membongkar kebusuk-kebusukan yang ada di dalam negeri ini.

Kita harus pedulia terhadap masyarakat, karena mereka semua adalah bagian dari kita. Masyarakat sangat besar menggantungkan harapannya kepada kita. Jika bukan kita yang sebagai mahasiswa ini yang dapat melakukannya, siapa lagi? Kepedulian mahasiswa terhadapap masyarakat bukan hanya dengan melakukan aksi turun ke jalan saja, namu bisa di lakukan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat. Baik itu berupa sebuah ide-ide kreatif, pengajaran gratis, moril, dan materil.

3. Mahasiswa Sebagai Iron Stock

Setelah sekian banyak pemimpin berganti di negeri ini, hanya kekesalan dan keperihan yang di terima oleh rakyat. Masalah korupsi tidak pernah habis-habisnya, kemiskinan semakin bertambah dan keadilan tidak menyeluruh. Disinilah peran mahasiswa sebagai Iron Stock yang di harapkan bisa memberikan yang terbaik di masa depan dengan memiliki akhlak yang mulia dan keterampilan untuk menjadi pemimpin selanjutnya. Mahasiswa merupakan aset, cadangan, dan harapan bagi bangsa. Mahasiswa sebagai Iron Stock perlu memilik Soft Skill, seperti Leadership.

Masa depan itu terletak di tangan para pemuda. Mereka yang akan mengganti generasi sebelumnya dan memimpin bangsa ini ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki tiga peranan di atas, yaitu Agent Of ChangeSocial ControlIron Stock agar dapat membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Pertanyaan:
Sebagai seorang mahasiswa, apakah kita semua sudah memiliki itu semua?

Artikel Terkait