5 Hal Yang Bikin Calon Mahasiswa Baru Dilema Untuk Mendaftar Kuliah

loading...

Yang harus di perhatikan mahasiswa baru, calon mahasiswa, calon maba, calon maru, tips-trik jadi mahasiswa baru, apasih itu mahasiswa baru, maru, maba


Nyawww - Masuk Universitas atau perguruan tinggi adalah impian setiap orang. Apalagi di terima di universitas yang di impi-impikan. Namun tidak gampang dalam memasuki sebuah universitas, Anda harus bersaing dengan ribuan orang dari seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke.

Kadang untuk mendaftar ke universitas yang di inginkan penuh dengan cobaan dan dilema yang besar. Mulai dari beban pikiran lulus atau tidak lulusnya Ujian Nasional (UN) sampai niat ingin mendaftar ke universitas yang di inginkan.

Tulisan ini saya bikin berdasarkan pengalaman pribadi dan sedikit referensi dari teman-teman sekitar saya. Sebelumnya terimaksih kepada teman-teman yang sudah menginspirasi saya untuk menulis artikel yang tidak bermanfaat ini.

Berikut ini adalah 5 Hal Yang Bikin Calon Mahasiswa Baru Dilema Untuk Mendaftar Kuliah, yaitu:

1. Bingung Milih Jurusan

Sangat banyak sekali jurusan yang sudah ter-list di dalam formulir pendaftar sebuah universitas. Melihat semua list-list jurusan tesebut, membuat hati dan pikiran menjadi tidak karuan. Karena semua jurusan tersebut sangat bagus untuk menunjang masa depan kelaknya.

Dari sekian banyak list jurusan yang tersedia, sudah pasti ada salah satu jurusan yang bagus menurut diri kita pribadi.

Tips memilih jurusan masuk ke universitas atau perguruan tinggi dari Nyawww:
  • Cari tau bakat yang kamu miliki
  • Jika kamu belum mengetahui bakatmu, cari tau minat apa yang kamu senangi
  • Cari tau tingkat persaingan jurusan kamu (banyak sedikitnya peminat dari jurusan tersebut)
  • Coba gunakan akses Internet kamu untuk mengetahui Passing Grad dari universitas dan jurusan yang kamu inginkan
  • Cari tau informasi tentang semua jalur selekse. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Cobalah medaftar kesemua jalur yang ada untuk jaga-jaga diterima atau tidaknya kamu di jalur lainnya


Nah, itulah sedikit tips dari Nyawww dalam memilih jurusan. Semangat untuk rekan-rekan yang ingin memasuki dunia baru.

2. Bingung Antara Jurusan Pilihan Dari Keluarga atau Diri Sendiri

Memang pilihan dari keluarga itu adalah yang terbaik, apalagi itu adalah pilihan dari orangtua. Tetapi kadang kita butuh pilihan sendiri juga untuk menentukan mana yang terbaik untuk diri kita pribadinya.

Hal semacam ini sudah pernah penulis alami. Untuk kamu yang sedang mengalami hal semacam ini, ada beberapa tips dari Nyawww untuk mengatasinya, yaitu:
  • Yakinkan orangtua kamu bahwa jurusan yang kamu pilih adalah yang terbaik untuk kamu
  • Dengarkan alasan orangtua kamu kenapa pilihan dari orangtua kamu itu adalah yang terbaik baginya
  • Jangan sampai ada perdebatan yang merusak hubungan kalian
  • Udah cukup itu doang

Bagaimana? Apa tipsnya membantu kalian? Silahkan komentar di bawah kalau tipnya membantu atau tidaknya bagi kalian. Dengan bahasa yang sopan ya wahai calon mahasiswa.

3. Nggak Ada Uang Untuk Bayar Kuliah

Banyak sekali masyarakat kita yang putus pendidikan karena masalah faktor ekonomi. Masalah ini tidak pernah terselesaikan dari silih bergantinya pemimpin. Namun, untuk rekan-rekan yang tidak punya biaya untuk kuliah jangan khawatir. Karena saat ini sudah ada biaya bantuan dari pemerintah yang bernama Bidikmisi.

Kamu bisa mendaftnya melalui link http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ dengan mengaksesnya lewat internet.  Selain bidikmisi, banyak juga perusahan-perusahan yang memberikan beasiswa gratis kepada mahasiswa. Kamu dapat mencarinya melalu internet atau bertanya kepada orang lain.

4. Mikirin Biaya Hidup Saat Ngekos Sendirian

Selain biaya kuliah, yang mendasari dilemnya calon mahasiswa baru itu adalah biaya hidup. Bukan hanya calon mahasiswa baru aja yang dilema masalah biaya hidup, tetapi orangtuanya juga. Sama seperti biaya untuk kuliah tadi, biaya untuk hidup juga ada beasiswanya. Di dalam bidikmisi kamu juga mendapatkan biasa untuk hidup kamu. Namun semua itu harus di pergunakan baik-baik, bukan untuk kesenangan.
Jadi, jangan takut lagi dengan biaya hidup kamu.


5. Belum Biasa dan Belum Siap Untuk Hidup Sendirian

Kamu akan memasuki dunia yang berbeda ketika kamu kuliah. Dunia berbeda inilah yang mendasari sebagian calon mahasiswa baru takut untuk kuliah, karena belum terbiasa untuk hidup sendirian. Tetapi dengan kamu memasuki dunia baru, kamu akan belajar bagaimana rasanya menjadi mandiri dan mengatur keuangan sendiri.

Ketika kamu memasuki dunia yang baru di perkuliahan, kamu akan merasakan sesuatu yang jauh berbeda dari dunia kamu yang sebelumnya. So, persiapkan diri kamu untuk menuju dunia yang baru, yaitu dunia yang sebenarnya dalam hidup.

Itulah 5 Hal Yang Bikin Calon Mahasiswa Baru Dilema Untuk Mendaftar Kuliah yang dapat penulis sampaikan. Semoga rekan-rekan sekalian semangat dalam memasuki universitas impian rekan-rekan dan tetap semangat menggapai asa.
#HidupMahasiswa #HidupPendidikanIndonesia

Artikel Terkait